Pages

Kamis, 15 September 2011

mancing nila di telaga


setelah mengadakan penelitian selama 3 tahun, ternyata mancing nila itu ada beberapa tahapan yang harus di sesuaikan dengan kondisi dan situasinya.
1. nila cenderung aktif/rakus makan apabila di danau tersebut ada arus mengalir. dan saya kira dan di arus tersebut ukuran stoper kita dibuat setengah air atau main atas. dengan umpan yang merumbai tentunya.
2. d air yang tenang ikan nila cenderung pasif. maka kita yang menggerakkan umpan tersebut dengan cara fly sedikit demi sedikit. tentunya di dasar. kail kita seret scara acak. tapi jangan terlalu cepat. tentunya dengan menggunakan cacing yan merumbai-rumbai pula agar ikan tertarik untuk mengejar.
3. Nila babonan cenderung bermain di pinggiran, hingga mepet ke tepi dasar danau, begitu juga nila lubang. sebab di pinggiran itu kontur tanah sedikit keras dibanding dengan di tengah.
4. untuk mangcasting nila gunakan potongan ikan cumi yang masih segar menyerupai cacing. panjang kira2 5cm. dengan menggunakan rangkaian 2 mata kail. bisa juga dengan serutan kelapa muda, tapi menggunakan serutan kelapa ini mudah getas. saya belum menemukan formulanya bagaiman agar kelapa muda ini liat tidak mudah patah apabila disamber sama nila.
5. tentunya didanau tersebut harus ada ikanya dan tidak di jala/dijaring oleh tukang seperti di tempat saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar