Pages

Rabu, 24 Agustus 2011

MATA KAIL ALAT PANCING UTAMA

Mata kail adalah salah satu dari 4(empat) macam alat utama memancing, kunci terakhir dari alat-alat memancing yang sudah dipaparkan sebelumnya . Sekarang kita bayangkan seandainya kita sudah berangkat jauh-jauh dari rumah untuk pergi memancing dan kita sudah sampai ditempat tujuan kita memancing atau lokasi mancing ditengah laut sampai daratan saja sudah tidak terlihat lagi, dan sewaktu kita akan mempersiapkan alat-alat pancing ternyata mata kail yang sudah kita persiapkan sebelumnya tertinggal dirumah, apa jadinya sekarang ...!, apakah kita masih bisa memancing dan pulang bisa membawa ikan untuk dimasak dirumah...? .
Dan sebaiknya anda mempunyai suatu tempat untuk menaruh semua alat-alat pancing yang utama seperti boks alat dan tabung untuk menyimpan joran atau gagang pancing, supaya dalam membawa dan mempersiapkannya ringkas dan cepat.
Untuk keterangan boks alat dan tabung joran nanti akan diterangkan secara terpisah dan detail . Sekarang kita kembali lagi ke pembicaraan masalah mata kail yang merupakan alat pancing utama tadi .
Saya disini akan menerangkan kegunaan dan sebagaian karakteristik mata kail, tipe dan macamnya mata kail.

Mata kail seperti ini banyak dipakai oleh sebagian besar para nelayan tradisional Indonesia disamping harganya murah juga cukup kuat untuk menarik ikan dengan berat berkisar 1 kg - 10 kg dengan ukuran mata kail dari nomor 0/3 sampai nomor 5/0, disini saya coba terangkan  untuk kode nomor mata kail supaya anda paham, apabila anda akan membeli dan memakainya, kode nomor ini berlaku untuk semua jenis dan tipe mata kail.
Nomor mata kail kecil dimulai dari nomor  0/1 sampai nomor  0/16, semakin besar nomor mata kailnya yang dibawah 0/1.........16, maka akan semakin kecil bentuk aktualnya mata kail tersebut, tapi sebaliknya nomor yang di mulai dari nomor  1/0 sampai  10/0 adalah semakin besar nomor diatas  1/0.........10/0, maka akan semakin besar pula bentuk aktual ukuran mata kailnya .
Untuk ukuran aktual mata kail yang paling besar ...>, unruk memancing ikan apa...?, mungkin pertanyaan itu akan muncul dibenak anda seketika itu, tapi ketahuilah untuk ukuran mata kail sebesar itu adalah untuk memancing ikan hiu besar atau  ikan marlin besar .  Mata kail seperti yang ada dalam gambar ini adalah mata kail yang umum dipakai oleh pemancing yang masih baru mengenal mancing, bukan alat pancing untuk pemancing yang sudah profesional .
Disini akan saya jelaskan sedikit kegunaan dari mata kail dengan bentuk dan tipe punggung panjang seperti ini berdasarkan dari nomornya .

1 . Nomor  0/16.....0/14   :  Untuk memancing rawe ikan tembang, selar sawo, kembung ukuran sedang,          untuk memancing ikan sepat siam mata merah, ikan mujair dan ikan cupang .
2 . Nomor  0/13......0/8     :  Untuk memancing rawe ikan kembung ukuran sedang sampai  kembung besar, selar batang, ikan nila dan ikan hampala kecil .
3 . Nomor  0/7........0/1    :  Untuk memancing rawe tongkol kecil, cakalang kecil, ikan demersal ukuran berat 0.5 kg sampai 2 kg .
4 .  Nomor  1/0...... 4/0     :  Untuk memancing ikan demersal besar dengan ukuran berat  1 kg sampai  10 kg dan untuk memancing ikan pelagis seperti ikan cendro, talang-talang juga barakuda .
5 .  Nomor   5/0......8/0     :  Untuk  memancing ikan tenggiri besar, barakuda besar dan ikan tuna besar .


bersambung ke post berikutnya --------->

2 komentar:

Umpan Ikan Mas Kilo Gebrus mengatakan...

thanks a lot for the interesting and good information


Umpan Ikan Mas Lokal

Umpan Ikan Mas Kilo Gebrus mengatakan...

information that is interesting and useful to see


Umpan Jitu Ikan Nila

Posting Komentar