Pages

Rabu, 14 September 2011

MENGIKIR MATA KAIL


Belilah kikir yang bagus mutunya, kalau anda beli kikir yang mutunya ala kadarnya boleh-boleh saja tapi mata kail bukan tajam, bisa-bisa mata kail jadi tumpul karena mutu baja mata kail itu bermutu tinggi. kalau memakai kikir lokal paling banyak dipakai sepuluh kali saja sudah tumpul kikirnya .

Tapi pakailah kikir yang mutunya bagus supaya hasil yang didapat juga bagus, hati-hati dalam mengikir mata kail supaya tidak rusak atau gagal mengikir, mata kail tidak dapat dipakai untuk memancing .

Dalam mengikir mata kail caranya adalah dengan menggerakan kikir kearah depan saja , jangan sekali-kali ditarik kebelakang atau mengikir maju-mundur, tapi yang bagus adalah kearah depan saja, juga perlu diperhatikan adalah sudut kemiringan dalam mengikir seperti yang tertera dibawah ini .

Macam-macam mata kail ini semua harus anda kikir sampai tajam betul dan runcing, kira-kira keruncingannya itu perbandingannya 1 : 3 atau  1 : 5 artinya kalau diameter batang mata kail itu 1 mm  maka panjang keruncingannya itu  3 - 5 mm .

Kikirlah semua mata kail anda dirumah sewaktu senggang atau tidak ada kegiatan yang lainnya dirumah anda dengan santai dan teliti, jangan terlalu buru-buru nanti hasilnya bisa tidak baik .

Sebelum memulai mengikir mata kail ada baiknya anda persiapkan terlebih dahulu alat dan peralatan pembantu lainnya untuk melakukan pengikiran mata kail .
Yang bagus itu sediakan meja kayu yang kecil saja atau kalau memang tidak ada yang kecil bisa dipakai meja mana saja yang anda punya dan pasanglah alat penjepit kecil pada meja anda .


Setelah penjepit terpasang pada meja anda langkah selanjutnya adalah menjepitkan mata kail pada penjepit, tapi sebelum mata kail dijepit ada baiknya gagang mata kail yang akan dijepit dibungkus dengan kain lap atau diganjal dengan kayu yang lunak atau empuk supaya tidak melukai batang mata kail, seandainya batang mata kail terluka atau tergores akibatnya bisa fatal sekali .
Kenapa bisa fatal sekali..?, begini ceritanya : "Seandainya anda memancing dengan menggunakan mata kail yang tergores atau terluka itu dan sewaktu anda memancing ada tarikan ikan yang cukup besar maka tegangan yang diterima mata kail itu juga cukup besar atau tegangannya sama dengan yang diterima oleh tali pancing, reel dan joran .

Sekarang kondisi joran, reel dan tali pancing anda bagus, tapi kondisi mata kail anda dalam keadaan terluka atau tergores kira-kira apa yang akan terjadi..?, apabila ada tarikan ikan besar seperti itu..?, yang pasti akan kalah adalah mata kail yang sudah terluka atau tergores akan putus..!, apa anda tidak akan menyesal kalau kejadiannya seperti itu ...?, pasti anda akan merasa menyesal sekali...!.

Jadi hati-hatilah anda dalam melakukan pekerjaan pengikiran mata kail anda, jangan sampai ada yang terluka atau tergores, apabila ada yang terluka atau yang tergores sebaiknya jangan dipakai untuk memancing, tapi simpan saja .

Mulailah mengikir mata kail satu per satu dengan hati-hati hingga mata kail anda yang akan anda pakai untuk memancing sudah tajam semua dan anda simpan dalam box khusus mata kail juga hindarilah dari jangkauan anak-anak anda semua takut nanti buat mainan yang bisa melukai tangan anak-anak anda .

Kalau semua mata kail anda tajam bisa dipastikan akan banyak hasilnya dalam memancing ikan, baik itu dilaut atau disungai atau dikolam pemancingan juga anda tidak akan kecewa dibuatnya .

Dan anda juga akan puas dengan hasil yang diperolehnya, karena jerih payah anda juga ketekunan anda .
Hal-hal semacam inilah yang banyak dilakukan oleh para pemancing profesional baik itu di Indonesia maupun yang diluar negeri, sebelum berangkat memancing mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu .



 Pancing ini harus di kikir dulu sampai tajam betul sebelum digunakan  untuk memancing, supaya anda tidak kecewa dalam menyentakkan joran pancing sewaktu ada tarikan ikan dari dalam air, apabila mata kail anda itu tajam sekali maka tersentuh saja oleh mulut ikan, mata kail akan langsung bereaksi dan akan menancap dengan mudahnya pada mulut ikan .

Dan tinggal anda menyelesaikan pertarungannya dengan melawan ikan, sampai ikan menyerah untuk ditarik ketepian, selanjutnya anda tinggal menyerok ikan atau menggancu ikan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar