Pages

Selasa, 16 Agustus 2011

TEMAN DAN GURU YANG MENGAJARI MANCING DILAUT

 Bang Oglex alias AHMADI  adalah teman se profesi , teman mancing juga guru yang mengajari saya pertama kali mancing dilaut , dari dialah saya pertama kali mengenal yang namanya mancing ikan laut .

Ceritanya pertama kali adalah dahulu kita sama - sama melamar kerja di salah satu perusahaan fabrikasi juga pabrik habeam welded di Cilegon yang berkantor pusat di Jakarta dan kita sama - sama diterima kerja untuk ditempatkan di Cilegon, pada waktu itu tanggal 19 april 1988, hari selasa, bulan puasa, kita berangkat bersama-sama pelamar yang diterima kerja sebanyak 9(sembilan) orang, berangkat dari kantor pusat di jakarta jam 08:30 menuju pabrik di cilegon .

Singkat cerita setelah kerja dipabrik selama satu minggu , barulah saudara ahmadi suka bercerita mancing ikan dilaut saat kita sudah pulang kerja yaitu di rumah kos-kosan, kebetulan kita semua mendapatkan kos satu rumah dengan tiga kamar .


Pada saat itu hari minggu mulailah saya untuk pertama kalinya mengenal cara mancing ikan dilaut, bersama-sama teman yang lainnya di pelabuhan KS (JUBLIN) ciwandan atau cigading .
Berbekal hanya dengan alat pancing ala kadarnya yaitu sebuah kaleng bekas minuman fanta, tali pancing merek lokal (Damyl) , mata kail dan timah .

Dengan umpan udang mati dan cumi mati , mulailah pertama-tama udang dikupas kulitnya dan cumi dipotong-potong memanjang kecil-kecil, setelah selesai semuanya maka dimulailah acara mancingnya dengan mengkaitkan umpan pada mata kail pancing dasar yang sudah dirangkai dari rumah, yah mungkin pada waktu itu kemujuran ada di teman saya ahmadi dapat menarik ikan kuwe gerong seberat  0.5 kg an , tapi ikan sebesar itu buat saya terlihat seperti ikan besar, maklum dulu saya hanya suka mancing ikan di sungai kecil juga sungai sedang di daerah saya, yang hasilnya hanya sebesar telapak tangan saja .


Memang dalam memancing pertama - tama yang suka mendapat tarikan ikan lebih dulu ya taman saya ahmadi ini .

Ini terbukti dengan photo di sebelah kanan adalah hasil mancing ikan baronang yang di dapatnya begitu banyak , memang dia pintar dan ahli mancing ikan baronang juga mancing ikan dasar itu terakhir yang saya tahu , tetapi terakhir saya pernah bertemu di pabrik dia juga suka mancing dengan cara tehnik popping dan jigging .

Ini hanya cerita kenangan di masa lalu saja, saat - saat saya masih aktif suka mencing di laut bersamanya di kota cilegon - banten .
Yang merupakan kenangan terindah dalam hidup saya, yang bisa saya ceritakan nanti kepada anak cucu saya , yah seperti inilah kenangan pemancing dan sesama pemancing , mungkin juga pemancing yang lain juga mempunyai cerita atau kenangan tersendiri , yang bisa di ceritakan pada anak cucunya nanti .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar